Monday, 22 September 2014

Materi Pancasila



Materi Wawasan Kebangsaan

Persiapan Ujian CPNS - Tes Kompetensi Dasar


Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

      Pancasila sebagai ideologi terbuka maksudnya adalah Pancasila bersifat aktual, dinamis, antisipatif dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
-     Dimensi Idealistis; yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila bersifat dogmatis, sistematis dan rasional.
-     Dimensi Normatif; yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila perlu dijabarkan dalam satu system norma, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.
-    Dimensi Realistis; harus mencerminkan realitas yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Oleh karena itu Pancasila harus dijabarkan atau diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Hirarkis Pancasila

Pancasila yang terdiri atas bagian-bagian yaitu sila-sila pancasila setiap sila pada hakikatnya merupakan suatu asas sendiri. Fungsi sendiri-sendiri namun secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan yang sistematis.

1.      Susunan Kesatuan Sila-Sila Pancasila yang Bersifat Organis
Setiap sila merupakan unsur (bagian yang yang mutlak) dari Pancasila, maka pancasila merupakan suatu kesatuan yang majemuk tunggal. Dalam artian setiap unsur memiliki arti masing-masing namun saling berhubungan.

2.      Susunan Pancasila yang bersifat Hierarkis dan Berbentuk Piramidal
Pancasila bersifat hierarkis dan berbentuk pyramidal adalah karena antara sila yang satu dengan yang lain bersifat erat dan saling berkaitan.
a.  Sila pertama menjelaskan bahwa pada sila pertama itu meliputi dan menjamin isi sila 2, 3, 4, dan 5, artinya dalam segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penyelenggaraan negara harus dijiwai nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa.
b.  Sila kedua tertulis kemanusiaan yang adil dan beradab yang diliputi sila ke-1 dan isinya meliputi sila 3, 4, dan 5, dalam sila ini terkandung makna bahwa sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk tuhan yang beradab, maka segala hal yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara harus mencerminkan bahwa negara ini mempunyai peraturan yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.
c.  Sila ketiga tertulis persatuan Indonesia yang diliputi dan dijiwai sila 1, 2 yang meliputi dan menjiwai isi dari sila 4, dan 5, sila ini mempunyai makna manusia sebagai makhluk sosial wajib mengutamakan persatuan negara Indonesia yang disetiap daerah memiliki kebudayaan-kebudayaan maupun beragama yang berbeda.
d.   Sila keempat diliputi dan dijiwai sila 1, 2, 3 yang  meliputi dan menjiwai isi dari sila kelima. Sila ini menjelaskan bahwa negara Indonesia ini ada karena rakyat maka dari itu rakyat berhak mengatur kemana jalannya negara ini.
e.    Sila kelima yang bertuliskan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu diliputi dan dijiwai oleh isi dari sila 1, 2, 3, dan 4. Sila ini mengandung makna yang harus mengutamakan keadilan bersosialisasi bagi rakyat Indonesia ini sendiri tanpa memandang perbedaan-perbedaan yang ada.

3.      Kesatuan Sila-sila Pancasila yang Saling Mengisi dan Mengkualifikasi
Sila-sila Pancasila sebagai kesatuan dapat dirumuskan pula dalam hubungannya saling mengisi dan mengkualifikasi dalam rangka hubungan hierarkis piramidal tadi. Tiap-tiap sila seperti telah disebutkan di atas mengandung empat sila lainnya, dikualifikasi oleh empat sila lainnya. Untuk kelengkapan dari hubungan kesatuan keseluruhan dari sila-sila Pancasila dipersatukan dengan rumus hierarkis tersebut di atas.

4.      Kesatuan Sila-sila Pancasila Sebagai Suatu Sistem Filsafat
Kesatuan sila-sila Pancasila pada hakekatnya bukanlah hanya merupakan kesatuan yang bersifat formal logis saja namun juga meliputi kesatuan dasar ontologis, dasar epitemologis serta dasar aksiologis sendiri yang berbeda dengan sistim filsafat lainnya misalnya materialisme, liberalisme, pragmatisme, komunisme, idealisme dan paham filsafat lainnya didunia.

 Mau belajar Wawasan Kebangsaan terutama materi UUD 1945?? Hapalkan UUD 1945 beserta amandemennya, klik disini.
Mau belajar lengkap materi Pancasila dan UUD 1945, kewarganegaraan, tata negara, kebangsaan, semuanya tersaji lengkap disini. Silakan pesan saja disini.

No comments:

Post a comment