Tuesday, 30 September 2014

Bocoran Soal CPNS



Obrolan Sehabis Ujian CPNS

Bocoran Tes CPNS Sistem CAT

Bocoran soal coba akan kita bahas disini, yah meskipun tahun ini tes CPNS telah menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Yang berarti semuanya tergantung pada computer yang mengacak pertanyaan-pertanyaan pada bank soal di dalam sistemnya, tapi sebaiknya Anda tahu apa yang terjadi saat tes CPNS 2014 dengan system CAT.

Ceritanya, Rabu kemarin (24/9) adikku sudah mengikuti ujian CPNS Daerah DI Yogyakarta di Kantor Regional BKN dan yang keluar pertama kali dari mulutnya adalah “yaa gitu deh”. Setelah sedikit kupaksa akhirnya dia cerita kalau soal yang keluar ya kurang lebih seperti kisi-kisi soal yang sudah resmi itu. Klik disini kisi-kisinya, resmi dari pemerintah loh! :P

"Misalnya, BPUPKI dibentuk dengan tujuan apa?", jawab adikku tentang pertanyaan tes CPNS yang masih diingatnya. Soal BPUPKI terkait dengan perjuangan Sukarno menuju Proklamasi Kemerdekaan RI. Nah, untunglah sudah kita buatkan rangkuman Sejarah Nasional lengkap untuknya.
“Trus ada pertanyaan-pertanyaan seputar Pancasila dan UUD 1945, misalnya Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 bunyinya atau isinya apa?” kata adikku. 
“Lalu apa lagi?”, tanyaku. (Kutanya lagi dan lagi karena aku sangat berkepentingan :D )

Adikku menjawab, “Lalu banyak juga pertanyaan pemahaman bacaan dengan fakta dan opini (kemampuan berpikir logis dan analitik) dan mengurutkan siapa yang duluan si A, B, C atau D”. 

“Kalau tes matematikanya kebanyakan bilangan deret serta persentase, ujarnya”. Untuk tes matematika kebanyakan soal bertipe deret dan persentase dikarenakan peserta ujian tidak diperbolehkan membawa kalkulator, HP ataupun alat teknologi lainnya.

Pertanyaan yang banyaaak ditemukan juga adalah soal tes karakteristik pribadi. “Kalau Tes Kepribadiannya kebanyakan tentang strategi, menghadapi masalah kerjaan dan rekan kerja", ujarnya. 
“Lah Dek, sebenarnya kamu sudah enak, kan sudah kubuatkan rangkuman materi CPNS itu semuanya toh?” Ujarku.
“Ya gitu deh,” jawab adikku.
“Ha..ha.. ya sudahlah, yang penting sekarang kamu tinggal berdoa saja,” tandasku mengakhiri obrolan siang itu.


Memang tes CPNS itu gampang-gampang sulit, bukan sulit-sulit gampang toh? Artinya dua kali gampangnya daripada sulitnya Hehe.. Apabila kita konsekuen dan tekun berlatih soal serta materi yang menjadi kisi-kisi, tentunya soal-soal CPNS itu gampang-gampang saja. Tapi jika kita hanya iseng-iseng saja dan mengerjakan asal-asalan, tentunya ujiannya menjadi sulit.

Ya, tergantung semuanya berpulang ke diri kita. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. IMHO loh..monggo tinggal teman-teman menyikapinya bagaimana.
Salam Sukses! 

NB : Jangan lupa di-like atau di-share di fb atau twit ya kawans, jika kamu masih pengen liat update-update-an CPNS disini.




No comments:

Post a comment