Monday, 6 January 2014

Salam Kenal

    Selamat datang semuanya terutama para pendaftar CPNS.. perkenalkan namaku Dini, sekarang bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Aku akan bercerita dan berbagi pengalaman selama aku mencoba menjadi seorang PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS).
     Apakah kamu pernah mendaftar ujian CPNS selama 10 kali?? Ya! Sepuluh kali!. Aku tidak bermaksud sombong atau ria (emang yang begini bisa disombongkan :D), sebanyak 10 kali ujian CPNS pernah kualami dari tahun 2004 hingga 2010. Hingga akhirnya di ujianku yang ke-10 tepatnya pada tahun 2010 aku berhasil lolos mendapat pekerjaan yang kuidam-idamkan selama ini.
    Tidak ada hal yang mustahil dilakukan selama kita berusaha dan berdoa. Kedua hal itulah yang melandasiku untuk selalu mencoba dan mencoba. Memang kata orang, ujian CPNS itu sesuatu hal yang susah susah mudah. Susahnya adalah soal CPNS dari tahun ke tahun selalu berubah tingkat kesulitannya dan kesulitan itu bisa diatasi apabila kita belajar dan belajar. Mudahnya adalah ujian CPNS itu kadang tak bernalar, contoh gampangnya adalah suamiku sendiri. Dia mengikuti ujian tanpa persiapan dan tanpa niat pula, dia ikut ujian hanya berniat untuk menemani diriku saja. Namun apa yang terjadi? Suamiku bisa lolos CPNS dan sekarang bekerja di Pemkab Sleman. Ya itulah yang namanya ujian kehidupan, kata suamiku, tak peduli orang siap 1000% atau hanya 10%, jika Tuhan sudah menghendaki ya terjadilah.
Satu hal yang menjadi prinsip hidupku: tidak pernah menjadi berkah bila kita melakukan tindakan yang dilarang agama. Salah satunya adalah menyogok dan manipulasi. Selama kita yakin hal itu, selama kita bertindak benar, maka kebenaran yang lain akan terungkap. Saya tidak percaya dan tidak setuju bila orang harus membayar berapa puluh bahkan ratusan juta untuk mendapatkan jatah kursi PNS. Aku percaya bila orang berani menyogok di awal, maka pekerjaan dia selanjutnya tak lepas dari tindak korupsi, manipulasi, dan kolusi. Cukuplah berita-berita di koran saja yang mengungkap kasus korupsi pejabat pemerintah. Namun aku tidak berniat sebersit pun untuk melakukan korupsi dan hal haram sejenisnya. Untuk itu, satu-satunya hal yang musti kukerjakan adalah mengerjakan soal ujian CPNS dengan sebaik-baiknya dan full berdoa sebelum dan setelahnya.
Mengapa aku bersikukuh untuk menjadi seorang PNS? Pertanyaan itu mungkin gampang dijawab. Karena menjadi seorang PNS dijamin 99% tidak akan dipecat (terkecuali bila ketahuan makar, korupsi atau selingkuh :P). Jaminan mendapat tunjangan hari tua, gaji tetap dan kemudahan mendapat kredit dari perbankan. Pertimbangan lainnya adalah menjadi seorang PNS adalah hal yang didamba-dambakan oleh kedua orang tuaku. Sehingga dengan menjadi seorang PNS ini sekurang-kurangnya aku telah membahagiakan orang tuaku.
    Dari pengalaman 10 kali mengikuti ujian CPNS itu saya belajar banyak. Diantaranya adalah minimnya materi ujian yang kudapat dari internet. Berbagai buku dan e-book yang kupelajari, tak satu pun yang berisi tentang materi ujian, karena sebagian besar hanyalah berisi soal-soal saja. Padahal, satu hal yang pasti : soal boleh berubah-ubah tapi materi takkan berubah!!            

   Untuk itu kami berniat untuk men-share, berbagi pengalaman dalam mengikuti ujian CPNS. Untuk materi dan soal yang lebih lengkap akan tersaji dalam e-book yang kami susun. Hanya 50 ribu rupiah saja Anda akan mendapat banyak materi dan soal.
Bila Anda tertarik mengikuti ujian CPNS dan bersiap untuk belajar dari sekarang…dengarlah tips dan trik mengikuti ujian CPNS:
1.    Luruskan dulu niat Anda untuk menjadi PNS
2.    Jangan jadi PNS bila ingin kaya!
3.    Berdoalah dari sekarang
4.    Belajar sedini mungkin
5.    Belajar cerdas, tidak hanya belajar dari contoh soal-soal saja namun yang terutama adalah belajar dari materi-materi. Soal boleh berubah dari tahun ke tahun, namun MATERI SOAL CPNS tetap tidak akan berubah.
6.    Tidak akan terlalu menjadi masalah bila Anda lulusan ilmu-ilmu social, karena banyak soal yang berhubungan dengan ilmu social seperti teori ekonomi, hukum, politik dan social. Namun bila Anda lulusan ilmu eksak, soal pertanyaan seperti itu akan menjadi persoalan besar.
7. Memperbanyak dan selalu meng-update referensi Anda mengenai informasi ketatanegaraan, perubahan undang-undang, berita yang menghebohkan, serta teknologi informasi.
8.    Yang terakhir, selamat menyelami materi-materi dan contoh soal yang disajikan di blog ini. Bila Anda tertarik mendapatkan materi yang lengkap, cukup transfer 50 ribu ke kontak di bawah maka Anda akan mendapat e-book materi yang lengkap. Terima kasih.
(CP = Dini 081329297217)

No comments:

Post a comment